Dam-Co Project

Friday, May 25, 2012


Latar belakang pengembangan Wifi pada transportasi umum Damri Kota Bandung










Pertumbuhan ekonomi di Indonesia 10 tahun belakangan ini telah membuat kemajuan di berbagai bidang, tidak terkecuali di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Peningkatan kemajuan ini telah mendorong masyarat Indonesia, khususnya masyarakat Kota Bandung, lebih kritsis terhadap setiap informasi yang diperolehnya.
Internet sebagai media informasi raksasa telah memberikan jawaban atas setiap pertanyaan dari setiap individu masyarakat Kota Bandung. Untuk mendapatkan informasi tersebut, terkadang masyarakat mengahadpi kendala karena tempat-tempat untuk mengakses internet secara cepat hanya di tempat-tempat tertentu saja.
Kehadiran wifi di indonesia telah membuat banyak perubahan yang sangat signifikan, hal ini sangat membantu dalam pengembangan teknologi wifi itu sendiri. Hal ini terbukti seperti yang telah dilakukan para pemilik kafe yang memasang wifi untuk menigkatkan pendapatan serta meningkatkan brand image kafe tersebut. Implementasi penggunaan wifi sebenarnya dapat terapkan juga dalam dunia transportasi. Jika sebuah kendaraan umum memiliki sebuah akses terhadap internet, bukankah sangat menguntungkan untuk semua pihak seperti pangelola kendaraan umum dan para pengguna kendaraan tersebut.
Untuk menjawab tantangan dibidang informasi dan telekomunikasi di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, kami melakukan sebuah inovasi pengembangan teknologi wifi untuk sebuah kendaraan umum. Tujuan utama kami adalah menciptakan suasana yang nyaman untuk para pengguna kendaraan umum dengan hairnya teknologi wifi di dalam kendaraan transportasi umum dalam kasus ini adalah Damri Kota Bandung. Diharapkan kehadiran wifi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan kendaraan transportasi umum.
Penggunaan wifi telah sangat merubah gaya hidup masyarkat Kota Bandung. Sebagian besar masyarkat telah mempunyai perangkat keras yang dapat terhubung dengan wifi agar dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Untuk membuat wifi dengan koneksi sambungan berkecapatan tinggi dalam sebuah bis yang berjalan dibutuhkan beberapa peralatan seperti Modem 3g CradlePoint PHS300 Personal Hotspot, Wireless Router TP-LINK TL-MR3420, Antena 3g dan device lainnya. 

Penjelasan singkat mengenai istilah wifi

Access Point adalah perangkat networking yang digunakan untuk memberikan frekuensi tertentu agar bisa diterima oleh perangkat yang mendukung frekuensi tersebut, seperti Notebook, Handphone, Ipad, dll, sehingga kedua perangkat tersebut dapat berkomunikasi.
Cara kerja Access Point yaitu sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal semakin luas jangkauannya.
Wireless Router adalah perangkat yang fungsinya sama dengan access point, hanya saja ditambahkannya perangkat router, sehingga dapat terhubung dengan jaringan yang berbeda dan penggunaan alokasi IP Private jadi lebih banyak.
Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau 802.11b, dimana masing-masing spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Jadi mutlak kita harus mengetahui spesifikasi perangkat Access Point atau Wireless Router yang akan kita gunakan.
HotSpot adalah area bersinyal yang merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi/Universitas, mal, plaza, perpustakaan, cafe, restoran, dll.
Layanan multimedia, yang awalnya dikenal dari Internet, dimulai dengan dikenalkannya jaringan bergerak 3G. Hal ini disebabkan ketersediaan kapasitas yang lebih tinggi pada jaringan 3G. 
Layanan multimedia juga relevan pada GPRS dan khususnya EDGE, di mana kapasitas yang tersedia mencukupi intuk layanan yang mengandung komponen-komponen, misalnya, video, audio dan text. 
Multimedia Messaging System (MMS) merupakan perkembangan dari Short Message System (SMS) yang telah sukses dalam pasar 2G di negara-negara Eropa. Ekspektasi yang tinggi dari layanan MMS terbukti dari berbagai hasil analisis, seperti yang disebutkan dalam UMTS reports
Akses jarak jauh (remote access) ke jaringan dan layanan korporasi (intra/extranet) dan tele-working berkembang dengan pesat pada tahun-tahun terakhir.Akses bergerak (mobile access) ke jaringan IP korporasi juga merupakan layanan yang vital bagi sektor bisnis.

Damco ? apaan sih ?

Damco – damri  project – adalah sebuah rencana yang memanfaatkan teknologi wifi didalam damri sebagai alat transportasi umum. Teknologi wifi telah berkembang hingga saat ini mendukung pemasangan wifi ke bentuk mobile. Mengapa damri? Damri adalah transportasi massal yang digunakan oleh masyarakat kota Bandung. Selain itu, damarti juga sangat ditunggu tunggu kehadirannya oleh para penggunanya karena trayek yang dilewatinya dan tarif yang dipasang.

Sekilas Bisnis dalam pengembangan wifi Damco

Mengapa Damco bisa dijadikan sebagai bisnis ?

Tak perlu kita pungkiri lagi apa yang terjadi pada masyarakat akhir akhir ini mengenai sosial media telah membuat semua pelaku bisnis telekomunikasi kewalahan. Kok bisa ? Sosial media telah mengubah masyarakat Indonesia menjadi kaum netizen yang lebih kritis. Dari sosial media saja masyarakat dapat mengetahui berita politik, pertandingan sepak bola, Keadaan lalu lintas sampai gosip artis artis. Masyarakat saat ini tidak memilih TV sebagai media komunikasi utama lagi. Ditambah dengan dukungan dari para provider telekomunikasi dengan membuat kartu perdana yang digunakan hanya untuk mengakases sosial media. Sebut saja XL dengan kartu Klik-nya serta AS dengan paket anti galau-nya. Dengan hadirnya transportasi umum dengan tambahan wifi – Damco – sudah pasti menjadi sasaran masyarakat yang ingin mendapatkan akses internet dimana saja. 

Segmentasi

Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Segmentasi damco (damri connection) ini ditujukan untuk semua anggota masyarakat yang menggunakan fasilitas umum khususnya damri. Terlebih lagi, masyarakat yang mempunyai kebutuhan mengakses internet dimanapun dan kapanpun. 

Produk dan Layanan

Produk yang dihasilakan oleh Damco adalah salah satu alat komunikasi dalam sebuah kendaraan transportasi yang bekerja dibidang jasa dengan memberikan fasilitas yang lebih baik yaitu penambahan akses internet pada armada Damri. Secara tidak langsung, dengan penambahan akses internet, telah memperbaiki layanan yang ada. Selain penambahan akses internet damco juga menawarkan kursi yang nyaman untuk conect ke internet. Kursi yang dimaksud disini adalah kursi yang dilengkapi dengan meja yang dapat dilipat (seperti kursi pesawat)  sehingga memudahkan masyarakat untuk meletakkan barang-barangnya sewaktu menikmati layanan internet di dalam bis itu sendiri.

Target Pasar

Target pasar dari Damco adalah kelompok masyarakat yang menggunakan damri sebagai transportasi andalannya. Selain itu, pasar dari Damco lebih mengarah kepada kelas masyarakat kelas menengah ke bawah. Mengapa ? hal ini dikarenakan damri sebagai transportasi massal dan kebanyakan masyarakat kelas menengahke bawah lebih menyukai menaiki damri karena tarif yang di kenakan sebesar Rp 2.000,00 saja.

Perangkat

Dengan menggunakan modem 3g CradlePoint PHS300 Personal Hotspot memungkin mengakses internet dengan  kecepatan 3g/3.5g , selain itu juga dapat diakses pada kecepatan sampai 40 km/jam. Antena 3g juga mendukung kecepatan mengakses internet lebih mudah untuk mendapatkan sinyal 3g. 



artikel tugas kelompok 2
post by :
Habibatul Hidayati
Meilani Istiqomah 
Ragil M.Kamal

artikel tugas kelompok 2


Share This Post